Internet Time Standard
WIB

Selasa, 14 September 2010

MENGAMANKAN FACEBOOK ANDA

Saya sering mendapat pengaduan dari banyak teman yang Facebook-nya terkena serangan hacker. Mereka tidak bisa log-in, password sudah dirubah oleh orang lain, tampilan Facebooknya berubah. Tak usah panik! Masih bisa diatasi.

Dibawah ini beberapa tip yang perlu anda perhatikan.

1. Anda harus menjaga kerahasiaan email yang digunakan untuk mendaftar (sign-up) facebook pertama kali. Password email anda harus diingat. Karena email ini sangat berguna untuk menampung informasi setiap kegiatan Facebook anda.

Password yang digunakan untuk email harus berbeda dengan password yang digunakan untuk FB.

Dan jangan lupa untuk membuka email tersebut setiap kali main internet. Karena kalau tidak email anda tersebut akan hangus kalau tidak di aktifkan/dibuka selama 3 bulan.

Apabila Facebook anda telah di "acak-acak" atau di "hack". Segera buka email anda (email yang digunakan untuk sign-in facebook).

Coba periksa didalam in-box. Pasti ada pesan masuk yg menyatakan bahwa telah ada kegiatan mengganti password. Klik link-nya. Maka akan masuk ke halaman Facebook. Mintalah untuk mereset password. Kemudian periksa lagi email anda. Nanti akan ada pesan masuk permintaan reset password. Anda akan diberikan kode untuk mereset. Copy code tersebut. Dibawahnya ada pesan lagi untuk mengklik link Facebook lagi. Ikuti perintah-perintahnya.

Facebook akan meminta anda memasukkan code tersebut, paste-kan saja kedalamnya. Selanjutnya ikuti saja perintah-perintah berikutnya sampai anda diminta untuk memasukkan password baru. Sekarang anda bisa log-in lagi kedalam akun Facebook anda lagi.

Maka dari itu, email sangatlah penting. Terutama email yang digunakan untuk log-in ke website jaringan sosial termasuk Facebook.

2. Apabila anda akan menutup Facebook, jangan lupa untuk Log Out.

3. Apabila anda menggunakan browser Mozilla Fire Fox. Setelah anda Log-Out lakukan pengamanan seperti ini


Klik Tool >> Clear Resent History
Pilih dengan mencontreng item-item seperti gambar dibawah ini, kemudian klikClear Now



2. Menggunakan browser Internet Explorer:

Klik Tools >> Internet Options


Klik Delete


Delete semua item-item yang ada. Terutama Delete passwords, agar password anda terhapus dari memory. ****

Semoga beberapa tip ini bisa membantu me-recover Facebook dan menghilangkan jejak anda agar facebook dan akun anda terselamatkan. ****

Jakarta, 22 Juni 2010

Maymintaraga Sumarno

Anda juga bisa mengunjungi web site kami di www.aristamediastudio.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar