Internet Time Standard
WIB

Minggu, 10 Januari 2010

EKONOMI BIAYA TINGGI

Tahun ini diberlakukan perdagangan bebas ! Sebentar lagi barang-barang dari China terutama textil akan membanjiri negara kita dengan harga yang murah...wahhh.... Bakalan ada PHK besar-besaran. Banyak pabrik-pabrik textil yang gulung tikar. Kita hanya bisa prihatin!

Mengapa kita tidak bisa bersaing didalam perdagangan bebas? Penyebab utamanya adalah PUNGLI yang susah diberantas di negeri ini.

Kemarin saya sempat ngobrol2 dengan seorang pengemudi truk expedisi yang biasa mengantar barang2 keluar kota. Ternyata setiap melewati jembatan timbang walaupun berat kendaraan memenuhi syarat, tetap saja dikenakan pungli rata-rata Rp. 10.000,- per kendaraan. Ini sebuah contoh saja pungli di jalan raya. Bagaimana ini petugas Dinas Perhubungan?

Pengusaha kita tidak bisa bebas dari EKONOMI BIAYA TINGGI. Ini yang menjadi penyakit. Bagaimana mau bisa bersaing di Perdagangan Bebas?

Kalau mau bisa bersaing, sekarang ini waktunya untuk memberantas berbagai macam pungli. Atau sekarang juga kita biarkan terjadi PHK besar-besaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar